Menginstal Gnome Shell Dan Gnome Shell Extensions Di Ubuntu 12.04 LTS

Ubuntu 12.04 LTS datang bersama Gnome 3 terbaru versi 3.4. Tidak ketinggalan, Antar muka Unity yang menjadi ciri khas Ubuntu tetap menjadi interface yang menghubungkan pengguna dengan sistem yang digunakannya.

Gnome Shell
Lingkungan desktop Gnome 3 terasa belum lengkap jika belum ada Gnome Shell. Meski berjalan di atas Gnome 3, Ubuntu 12.04 LTS secara default menggunkan shell Unity sebagai antar muka, sementar Gnome shell hanya menjadi antar muka opsional yang jika dikehendaki dapat diinstall melalui repositori.
Namun, Gnome shell yang tersedia dari repositori kadang lebih lambat dari rilis developernya. Setidaknya, diawal peluncuran Ubuntu 12.04 beberapa komponen penting yang merupakan pengaya Gnome shell seperti Gnome shell extension belum tersedia tersedia direpositori.

Bagi pengguna Ubuntu 12.04 LTS yang ingin menginstal dan menggunkan Gnome shell lengkap beserta shell extensionsnya tidak perlu khawatir. Tutorial berikut akan memandu Anda untuk menggunakan repositori PPA yang menyediakan paket Gnome shell dengan extensions dan tentu saja menyediakan paket-paket update terbaru.

Untuk dapat menginstal Gnome shell dari repositori PPA, silahkan tambahkan bari APT berikut melalui Software Sources, pilih tab "Other Software" lalu menekan tombol "Add" untuk menambahkan baris APT:

deb http://ppa.launchpad.net/ricotz/testing/ubuntu precise main

Atau dengan menambahkan Baris APT tersebut secara manual ke sources.list. Copy paste baris APT berikut ke bagian akhir sources.list untuk menambahkan repositori PPA. Jalankan terminal (CTRL+ALT+T) lalu ketik perintah berikut untuk mengedit sources.list dengan gedit;

sudo gedit /etc/apt/sources.list

Pada jendela gedit yang terbuka, tambahkan bari berikut ke bagian akhir sources.list;

deb http://ppa.launchpad.net/ricotz/testing/ubuntu precise main
deb-src http://ppa.launchpad.net/ricotz/testing/ubuntu precise main

Update: Jika dengan repositori PPA di atas installasi gnome-shell dan gnome-shell-extension bermasalah atau menampilkan pesan kesalahan, silahkan ganti baris APT tersebut dengan berikut ini:

deb http://ppa.launchpad.net/suraia/ppa/ubuntu precise main
deb-src http://ppa.launchpad.net/suraia/ppa/ubuntu precise main

Simpan perubahan, lalu tutup jendela gedit. Refresh repositori dengan mengetik perintah berikut pada terminal;

sudo apt-get update

Bagi pengguna yang telah menginstall Synaptic ada sistemnya dapat segera menginstall Gnome shell berserta extension melalui aplikasi management paket tersebut.

Gnome Shell

Atau bagi yang ingin menginstal melalui terminal dapat menggunakan perinta berikut;

sudo apt-get install gnome-shell gnome-shell-extensions

Update: Mengikuti perkembangan terbaru, paket gnome-shell-extensions-common sudah tidak diperlukan lagi sehingga cukup menginstall dua paket gnome-shell dan gnome-shell-extensions saja.

Selesai menginstal paket-paket yang diperlukan, Anda dapat logout dari sesi saat ini dan memilih sesi GNOME dari layar login LightDM.

Gnome Shell

Antar muka Gnome Shell beserta extension telah siap Anda gunakan...

Gnome Shell

Gnome Shell

Gnome Shell


Selamat mencoba...


Dipublikasikan di:




Related Posts:

0 Response to "Menginstal Gnome Shell Dan Gnome Shell Extensions Di Ubuntu 12.04 LTS"

Posting Komentar