Rekomendasi Paket Tambahan Ubuntu 12.04 LTS

Ubuntu 12.04 LTS datang dengan antar muka Unity yang menawan. Bagi pengguna pemula Ubuntu, butuh beberapa waktu untuk dapat menyesuaikan dengan antar muka baru tersebut agar nyaman mengoperasikannya.


Beberapa paket dapat ditambahkan usai menginstall Ubuntu 12.04 LTS. Paket-paket tersebut diharapkan akan memudahkan pengguna untuk mengelola sistem dan desktop yang digunakannya.
Paket tambahan yang kami rekomendasikan untuk diinstall usai menginstall Ubuntu 12.04 LTS adalah Synaptic, gdebi, nautilus open terminal, compizconfig settings manager, ubuntu tweak, ubuntu restricted extras serta paket antar muka ringan gnome classic.

Management Paket Synaptic dan Gdebi.

Meski secara default Ubuntu 12.04 telah menyertakan managemen paket Ubuntu Software Center untuk pembaruan, installasi dan uninstall paket, namun applikasi tersebut tergolong berat digunakan, terutama bagi pengguna koneksi internet dengan kecepatan pas-pasan atau dibawahnya. Management paket Synaptic jauh lebih mudah dan ringan digunakan, dengan antar muka yang sederhana dan mudah dikelola. Gdebi, management paket untuk installasi paket yang telah didownload secara manual dengan mode GUI.



Jalankan terminal (CTRL+ALT+T) lalu ketik perintah berikut untuk menginstall kedua paket tersebut;

sudo apt-get install synaptic gdebi


Nautilus Open Terminal.

Paket ini akan memudahkan kita untuk menjalakan terminal menuju ke suatu lokasi yang akan kita pilih langsung dari Nautilus. Penggunaannya juga mudah, cukup memilih lokasi/folder yang akan dibuka dengan mengklik kanan folder tersebut lalu memilih menu "Open in terminal" maka terminal akan terbuka dan langsung berada di lokasi yang dimaksut.



Untuk menginstall Nautilus open terminal, jalankan terminal (CTRL+ALT+T) lalu ketik perintah berikut;

sudo apt-get install nautilus-open-terminal


Compizconfig Settings Manager.

Gunakan aplikasi ini untuk kemudahan mengatur efek desktop yang akan Anda terapkan. Untuk menginstall paket CCSM. jalankan terminal (CTRL+ALT+T) lalu ketik perintah berikut;

sudo apt-get install compizconfig-settings-manager




Ubuntu Tweak.

Aplikasi pengelola sistem khusus Ubuntu ini dapat memudahkan Anda mengatur banyak hal dari sistem yang digunakan. Dari menampilkan informasi dan perangkat dasar, mengelola paket, mengelola antar muka, pembersihan sistem dari file-file yang sudah tidak berguna dan masih banyak lagi fungsi penting lain yang dapat dilakukan menggunakan Ubuntu Tweak.



Copy paste baris APT berikut ke bagian akhir sources.list untuk menambahkan repositori Ubuntu Tweak. Jalankan terminal (CTRL+ALT+T) lalu ketik perintah berikut untuk mengedit sources.list dengan gedit;

sudo gedit /etc/apt/sources.list

Pada jendela gedit yang terbuka, tambahkan bari berikut ke bagian akhir sources.list;

deb http://ppa.launchpad.net/tualatrix/ppa/ubuntu precise main
deb-src http://ppa.launchpad.net/tualatrix/ppa/ubuntu precise main

Simpan perubahan, lalu tutup jendela gedit. Refresh repositori dengan mengetik perintah berikut pada terminal;

sudo apt-get update

Install paket Ubuntu Tweak dengan memberi perintah berikut;

sudo apt-get install ubuntu-tweak


Menginstall codec untuk memutar multimedia.

Dengan menginstal paket ubuntu-restricted-extras maka paket-paket codec untuk memutar berbagai format multimedia seperti mp3, mp4, 3gp, flv dan yang lainnya juga akan diinstall bersamanya. Bagi Anda yang tidak memiliki koneksi internet dapat menginstall paket ubuntu-restricted-extras secara offline dengan mendownload terlebih dahulu CodecPack yang cara installasinya telah kami sampaikan dalam artikel ini.



Untuk menginstall ubuntu-restricted-extras dari repositori, jalankan terminal (CTRL+ALT+T) lalu ketik perintah berikut;

sudo apt-get install ubuntu-restricted-extras


Mengistall antar muka ringan Gnome Classic.

Dengan berbagai sebab, pengguna Ubuntu merasa enggan menggunakan Unity sebagai GUI. Merasa belum terbiasa atau terasa berat dijalankan biasanya menjadi alasan umum yang banyak dilontarkan. Dengan Gnome Classic, Ubuntu akan berjakan lebih ringan tanpa memustahilkan penggunaan efek desktop bagi yang menyukainya.



Untuk menginstall sesi gnome classic, jalankan terminal (CTRL+ALT+T) lalu ketik perintah berikut;

sudo apt-get install gnome-panel


Selamat mencoba...


Dipublikasikan di:




Related Posts:

0 Response to "Rekomendasi Paket Tambahan Ubuntu 12.04 LTS"

Poskan Komentar