Masalah Udisks2 From /media To /run/media

Perkembangan dunia Linux yang semakin cepat, optimalisasi kinerja semakin menjadi prioritas developer. Peralihan dari versi ke versi memberi harapan semakin membaiknya layanan yang diberikan, namun demikian masalah penyesuaian sebagai dampak dari perubahan tentu juga akan bermunculan.

Udisks2
Udisks, sebuah perangkat pengelola media dilingkungan desktop Gnome kini telah ditulis ulang oleh pengembangnya David Zeuthen. Perubahan dari Udisks klasik ke Udisks 2 menurutnya akan memberi peningkatan dan perbaikan untuk lingkungan Gnome 3. Masalah yang mungkin muncul, mounting point tidak lagi diletakkan di "/media" namun berpindah ke "/run/media/user_name". Bagi pengguna desktop tentu hanya perlu melakukan penyesuaian saja, namun bagi pengembang perubahan ini memunculkan kecemasan ketidak sesuaian script yang dibuat untuk versi lama dengan versi baru ini.

Masalah kompatibilitas dengan lingkungan desktop lain juga perlu diperhitungkan. Sebagai contoh Dolphin sebagai file manager untuk KDE masih menggunakan /media sebagai mounting point, begitupun Thunar serta beberapa file manager lainnya, dan baru Nautilus 3.4 di Fedora 17 dan Nautilus 3.5 di versi pengembangan Ubuntu 12.10 yang telah menggunakan Udisk 2 mengalihkan mounting point ke /run/media.

Udisks1
Mounting point di Udisks 1


Udisks2
Mounting point di Udisks 2


Udisks2 mulai diperkenalkan pada rilis Fedora 17 dengan lingkungan desktop Gnome 3.4. Sementara itu, Ubuntu 12.04 LTS yang juga dipaket bersama Gnome 3.4 masih menggunakan udisks klasik.

Untuk mengetahui informasi lebih lengkap, perubahan dan ide dari pengembang Udisks silahkan mengunjungi blog David Zeuthen ini.


Dipublikasikan di:




Related Posts:

0 Response to "Masalah Udisks2 From /media To /run/media"

Poskan Komentar